h2amzOiq2Tn9rmGhajOa165fMKwBqbFxQjYwl3bC
Bookmark

10 Daftar Tempat Wisata Semarang, Bikin Hati Tenang!

daftar tempat wisata semarang
Kalau di artikel sebelumnya kita membahas wisata di Bogor, kali ini saya akan berbagi daftar tempat wisata Semarang. Mulai dari Gubug Serut yang unik, Jungle Toon Waterpark buat seru-seruan, sampai Dusun Semilir yang asyik buat santai.

Tentu saja, daftar di bawah ini akan dilengkapi dengan lokasi, jam buka, serta harga tiketnya. Jadi, tanpa banyak basa-basi, langsung aja kita explore keindahan alam Semarang yang bikin pikiran fresh!


1. Gubug Serut

gubug serut semarang
Instagram/@gubug_serut
Apakah kamu berencana liburan ke Semarang? Jika ya, ada satu tempat wisata yang patut kamu kunjungi, yaitu Gubug Serut Semarang. Terletak di Gunungpatti, tempat ini menawarkan berbagai atraksi wisata air seperti body rafting, river tubing, dan kolam renang. Lokasinya sangat dekat dengan kampus UNNES, sehingga Gubug Serut sangat mudah diakses bagi wisatawan.

Pengelola saat ini tidak memungut biaya masuk, atau bisa dikatakan pengunjung bisa gratis masuk ke sana. Namun, apabila kamu menaiki kendaraan bermotor, kamu akan dikenail biaya parkir saja.

  • Lokasi: Jl. Persen Raya, Sekaran, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50229
  • Jam Buka: 06.00-18.00 WIB (Senin-Minggu)
  • Harga Tiket: Gratis


2. Jungle Toon Waterpark

jungle toon waterpark semarang
Instagram/@jungletoonsmg
Jungle Toon Waterpark Kota Semarang, Jawa Tengah, menawarkan pengalaman bermain air alami dengan banyaknya pohon palem yang memberikan kesegaran tersendiri. Walaupun cuaca sedang terik, suasana di waterpark ini akan tetap sejuk dan asri.

Terdapat berbagai wahana seru seperti ember tumpah, seluncuran air, balon air, dan air mancur yang menghibur pengunjung dari segala usia. Bagi anak-anak, tersedia playground yang aman untuk bermain. Sedangkan untuk pengunjung dewasa, dapat menikmati kolam Olympic dengan kedalaman 1,5 hingga 2 meter.

Jungle Toon Waterpark Semarang adalah destinasi yang cocok untuk bersantai dan menikmati liburan keluarga di tengah kota Semarang yang ramai.

  • Lokasi: Jl. Bukit Wahid Boulevard, Manyaran, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50261
  • Jam Buka: 12.00-17.00 (Selasa), 08.00-17.00 (Rabu-Minggu)
  • Harga Tiket: Rp40.000 (Weekday), 50.000 (Weekend)
  • Whatsapp: 085225944774


3. Dusun Semilir

dusun semilir semarang
Instagram/@dusunsemilir
Dusun Semilir Semarang menghadirkan pengalaman wisata yang unik dengan berbagai zona menarik. Seperti Banyu Biru, sebuah danau bohemian dengan air mancur menari dan gazebo untuk bersantai. Kmau bisa menikmati keindahan alam sambil bermain di danau, atau berfoto dengan latar belakang yang instagramable.

Selain Danaunya, masih banyak wisata lain yang ada di Dusun Semilir Kota Semarang. Seperti, Alun Eropa yang menawarkan arsitektur klasik Eropa, Jembatan Senggol, juga Alas Tirta.

Butuh makan habis jalan-jalan? Gunungan Resto menawarkan kuliner istimewa dengan menu spesial seperti Lawar Bali, Steak Lidah Bumbu Bali, dan berbagai hidangan lezat lainnya.

Ada juga Sepoi Sepoi dan Jalan Kenangan, yang akan membuat pengalaman kuliner kamu lebih menarik lagi di sana.

  • Lokasi: Jl. Soekarno Hatta 49, Ngemplak, Bawen Kabupaten Semarang 50661
  • Jam Buka: 08.00 – 19.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp 40.000
  • Kontak: 0811-2747-724


4. Ayana Gedong Songo

ayanaz wisata semarang
Instagram/@ayanaz.gedongsongo
Ayana Gedong Songo Semarang atau Ayanaz Gedongsongo, menghadirkan pengalaman wisata modern yang memesona. Beroperasi sejak 11 Juni 2018, tempat ini semakin diminati karena keunikan dan kecantikannya yang instagramable. Pengunjung dapat menemukan banyak spot foto menarik di sana.

Dengan latar belakang pegunungan, awan putih, dan langit biru yang memikat, Ayanaz Gedongsongo Semarang menjadi tempat yang sempurna untuk berfoto.

Gunung Ungaran, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing yang memukau, menjadi daya tarik lain di sana. Para pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa.

  • Lokasi: Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614
  • Harga Tiket: Rp10.000 (Weekday), Rp15.000 (Weekend dan Hari Libur)
  • Jam Buka: 08.00-17.00 (Senin-Minggu (Selasa Tutup, Kecuali Libur Nasional Selasa Buka))
  • Kontak: 081327699654


5. Curug 7 Bidadari

curug bidadari semarang
indonesiakaya.com
Curug 7 Bidadari Semarang, menghadirkan pemandangan sawah dan hutan yang memesona. Di puncak curug, terdapat sumber mata air yang segar dan alami. Pengunjung dapat menikmati kecantikan alam dengan lebih dekat melalui panggung dan jembatan bambu yang tersedia di sekitar curug.

Curug Bidadari Semarang adalah destinasi yang cocok untuk merasakan ketenangan serta keindahan alam yang masih alami dan terjaga. Cocok buat wisata bareng keluarga.

  • Lokasi: Gemuning, Keseneng, Kec. Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50662
  • Jam Buka: Setiap Hari, Pukul 08.00-17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp4.000 (Weekday), Rp5.000 (Weekend)


6. Cimory Dairyland On The Valley Bawen

cimory dairyland semarang
cimorydairyland.com
Cimory Dairyland On The Valley Bawen menawarkan berbagai wahana wisata yang menarik dan edukatif. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Dairyland Cimory Semarang, wahana wisata mini zoo dan farm.

Kawasan ini merupakan wisata mini kebun binatang dan lahan peternakan. Di kompleks Dairyland, kamu bisa mengajak anak bermain bersama kelinci, berfoto di rumah hobbit, melihat langsung pemerahan sapi, dan berfoto-foto di berbagai spot menarik. Selain itu, kamu juga bisa berkuda selama berada di sini, lho.

Wahana wisata lainnya yang tidak kalah menarik adalah Taman Minimania. Taman ini merupakan taman miniatur dunia yang mirip dengan Small World Purwokerto dan Taman Puntikayu Palembang.

Mau bawa oleh-oleh untuk dibawa pulang? Kamu bisa membeli aneka souvenir dan makanan ringan dari produk susu yang dijual di sini. Menarik, bukan?

  • Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.KM. 30, Begojuh, Jatijajar, Kec. Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50552, Semarang, Indonesia 50552
  • Jam Buka: 07.30-18.00 WIB (Wisata), 08.00-20.00 (Shop), 09.00-20.00 (Resto)
  • Harga Tiket: Rp15.000-25.000
  • Kontak: 081388938607 (Layanan Informasi), 6285176988691 (Reservasi)


7. Taman Dinosaurus Ngaglik Lama

Taman Dinosaurus Ngaglik Lama memiliki segudang permainan asyik dan seru. Dari pintu masuk taman seluas 3 hektar ini, pengunjung disambut gerbang berbentuk mulut dinosaurus yang khas.

Dino Park Semarang memiliki banyak patung berbagai jenis dinosaurus, sebagai ciri khas utama taman rekreasi ini. Salah satunya, brontosaurus setinggi 7 meter.

Di sana juga terdapat kolam renang anak sepanjang 100 meter, arena outbound, shooting target, pantball, dan menunggang kuda. Seru deh, pokoknya!

  • Lokasi: Bendungan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50231
  • Harga Tiket: Rp50.000 (Weekday), Rp55.000 (Weekend)


8. Wisata Alam Gumuk Reco

gumuk reco semarang
visitjawatengah.jatengprov.go.id
Gumuk Reco Semarang menawarkan keindahan alam yang indah. Terdapat tebing-tebing yang bisa membuatmu terpesona saat melihatnya.

Terdapat juga berbagai atraksi dan wahana yang memacu adrenalin. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam sambil merasakan sensasi tantangan yang mendebarkan.

Gumuk Reco Semarang menjadi destinasi yang sempurna bagi mereka yang mencari kombinasi antara petualangan dan keindahan alam yang memukau. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat menakjubkan ini.

  • Lokasi: Jl. Kenongo, Kepil, Sepakung, Kec. Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50664
  • Harga Tiket: Rp10.000 (Weekday), Rp15.000 (Weekend)
  • Jam Buka: 08.00-17.00 WIB
  • Kontak: 085742777778


9. Boemisora Semarang

boemisora semarang
Instagram/@boemisora
Seperti namanya, Boemisora Semarang menawarkan agrowisata yang bisa dinikmati para pengunjung di sana. Kamu dan keluarga bisa menikmati wisata sekaligus edukasi tentang pertanian dan hewan. Ini bisa menjadi daya tarik yang pasti memikat bagi anak-anak.

  • Lokasi: Dusun Polobogo, Polobogo, Getasan, Kabupaten Semarang, Indonesia 50774
  • Harga Tiket: Rp25.000
  • Jam Buka: 10.00-20.00 WIB (Weekday), 09.00-21.00 WIB (Weekend)
  • Kontak: 082135527500


10. Griya Yodesiya

griya yodesia semarang
Instagram/@griyayodesiya
Griya Yodesia Semarang, merupakan salah satu wisata yang juga wajib dicoba ketika berkunjung ke Kota Atlas.

Di sana, kamu dapat menikmati kolam renang yang luas dan berenang bareng keluarga, bermain flying fox, ataupun sekadar menemani anak-anak di Playground.

Jika masih belum puas, kamu bisa jalan-jalan mengitari mini zoo dan melihat-lihat tanaman bonsai di sana. Fasilitas yang cukup lengkap, untuk kamu yang ingin melepas penat.

  • Lokasi: Jalan Raya, Sruwen, Lemah Abang, Kec. Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Harga Tiket: Rp5.000 (Tiket Masuk), Rp25.000-30.000 (Berenang)
  • Jam Buka: 08.00-17.00
  • Kontak: 081216369211

Gimana? Sudah mutusin mau liburan ke mana di Semarang? Pasti kamu bingung kan, dengan banyaknya rekomendasi wisata di atas? Rencanakan dengan matang, agar wisata kamu bisa berjalan sempurna.

Kalau kamu sudah punya rencana dan akan pergi ke salah satu daftar tempat wisata Semarang di atas, jangan lupa berbagi pengalamannya ya, di kolom komentar! Siapa tahu, pengalaman wisata kamu bisa jadi pilihan bagi pembaca lain di sini.

Posting Komentar

Posting Komentar

Hai! senang bisa mendapat komentar darimu. 😊
Sok, kasih kritik maupun saranmu buat blog ini. Jangan nanggung, hajar aja!